Sekretariat

Sekretariat | Tuesday, 12 Jan 2021

Sekretariat Badan Keuangan Daerah - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur

              

SEKRETARIS

Tugas

MERENCANAKAN OPERASIONAL, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI KEGIATAN PROGRAM, DATA DAN EVALUASI, KEUANGAN, KEPEGAWAIAN DAN UMUM SERTA MEMBANTU KEPALA BADAN MENGKOORDINASIKAN BIDANG-BIDANG BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUDNYA PELAYANAN ADMINISTRASI YANG CEPAT, TEPAT DAN LANCAR.

Uraian Tugas 

  • Merencanakan langkah-langkah operasional Sekretariat berdasarkan rencana kerja Badan dan hasil evaluasi tahun sebelumnya serta data yang ada untuk digunakan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • Mendistribusikan tugas kesekretariatan meliputi program data dan evaluasi, keuangan dan barang miliki daerah, kepegawaian dan umum agar pelaksanaan tugas berjalan dengan bai dan lancar;
  • Memberikan petunjuk dan memeriksa hasil kerja bawahan agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  • Menyelia penyusunan laporan kinerja, laporan keuangan dan laporan kepegawaian sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk digunakan sebagai bahan pertanggungjawaban pelaksanaan kinerja;
  • Menyelia penyusunan rencana program/kegiatan Badan berdasarkan masukan data dari masing-masing unit kerja di lingkungan Badan Keuangan agar tersedia program kerja yang partisipatif;
  • Mengevaluasi pelaksanaan tugas kesekretariatan melalui rapat, diskusi dan sesuai hasil yang dilaksanakan untuk mengetahui permasalahan dan mencari solusinya;
  • Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kesekretariatan berdasarkan recana kerja sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan bagi atasan;
  • Melakukan koordinasi dengan instansi dan pihak terkait dalam pelaksanaan program dan atau kegiatan agar terjalin kerjasama yang baik;
  • Memberi petunjuk kepada bawahan dalam meningkatkan disiplin sesuai ketentuan yang berlaku agar terciptanya PNS yang handal, profesional, beretika, dan bermoral;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

 

Kasubbag. Perencanaan Program, Data dan Evaluasi

Tugas

MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN KEGIATAN PROGRAM, DATA DAN EVALUASI MELALUI PENGUMPULAN DATA, MENGOLAH DAN MENGANALISA DATA SERTA MENYUSUN PELAPORAN KINERJA INSTANSI BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERSEDIA PROGRAM, DATA DAN HASIL EVALUASI YANG AKURAT.

Uraian Tugas

  • Merencanakan kegiatan Sub Bagian Program, Data dan Evaluasi berdasarkan langkah-langkah operasional kesekretariatan dan hasil evaluasi tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas dan memeriksa kerja bawahan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing-masing agar tercapai efektivitas pelaksanaan tugas;
  • Menghimpun data, bahan referansi dan isu-isu strategis dalam melaksanakan tugas Sub Bagian Program, Data dan Evaluasi untuk membuat kerangka acuan dan petujuk teknis;
  • Melaksanakan pengumpulan norma, standar proedur dan kriteria untuk pelaksanaan Sub Bagian Program, Data dan Evaluasi;
  • Melaksanakan koordinasi penyusunan rencana Strategis Badan (Renstal), Renja SKPD, Rencana Kerja Anggaran (RKA), Dokumen Pelaksanaan Perubahan (DPPA) baik secara internal maupun eksternal;
  • Melakukan penyusunan perencanaan program kerja sekretariat dan Sub Bagian Program, Data dan Evaluasi;
  • Melaksanakan koordinasi penyusunan perencanaan program / program kerja Badan yang meliputi Anggaran, Perbendaharaan, Akuntansi dan Pelaporan dan Pembinaan Keuangan Kota / Kabupaten;
  • Melaksanakan monitoring dan evaluasi program / kegiatan baik internal maupun eksternal sesuai target kinerja sehingga dapat menjadi bahan masukan penyusunan program / kegiatan tahun berikutnya;
  • Melaksanakan penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintahan (LKIP), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Pemerintah Daerah (LPPD) dan pelaporan kinerja lainnya sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan bagi atasan;
  • Melaksanakan penyusanan laporan bulanan dan tahunan Sub Bagian Program, Data dan Evaluasi serta laporan tugas kedinasan lainnya sesuai target kinerja;
  • Melaksanakan persiapan Rapat Koordinasi Penyusunan Program / Kegiatan, baik internal maupun lintas kabupaten / kota;
  • Melaksanakan pembinaan disiplin terhadap bawahan sesuai peraturan perundang-undagan yang berlaku agar tercipta ASN (PNS dan PPPK) yang handal, profesional dan bermoral;
  • Melakukan konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan unit / instansi atau lembaga terkait untuk mendapatkan masukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Melaksanakan penyusunan bahan telaahan staf sebagai bahan pertimbagan pengambilan kebijakan;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

 

Kasubbag. Keuangan, Perlengkapan dan Pengelolaan Barang Milik Daerah

Tugas

NERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN KEGIATAN URUSAN KEUANGAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERWUJUD PENGELOLAAN KEUANGAN YANG TRANSPARAN DAN AKUNTABEL.

Uraian Tugas 

  • Merencanakan rencana kegiatan Sub Bagian Keuangan berdasarkan langkah-langkah operasional kesekretariatan dan hasil evaluasi tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas, memberi petunjuk dan memeriksa hasil kerja bawahan agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  • Menyusun dan atau mengoreksi rencana anggaran agar terwujud pengelolaan keuangan yang transparandan akuntabel;
  • Meneliti dan mengkaji anggaran sesuai rencana agar terwujudnya pencapaian anggaran sesuai target;
  • Memverifikasi anggaran penerimaan dan pengeluaran Badan sesuai dengan data keuangan yang ada agar terwujud pengelolaan keuangan yang akuntabel;
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan, pengelolaan, pengadministrasian dan pembukuan keuangan dinas;
  • Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan administrasi keuangan badan;
  • Menyiapkan bahan pertanggungjawaban anggaran badan;
  • Melakukan penyusunan laporan keuangan sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan bagi atasan;
  • Melaksanakan pembinaan disiplin terhadap bawahan sesuai peraturan perundang-undagan yang berlaku agar ASN (PNS/PPPK) yang handal, profesional dan bermoral;
  • Melakukan koordinasi / konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan instansi dan pihak terkait untuk mendapatkan masukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub Badan Keuangan;
  • Membuat laporan bulanan dan tahunan Sub Bagian Keuangan serta laporan tugas kedinasan lainnya sesuai target kinerja atau hasil kerja untuk dipergunakan sebagai bahan masukan atasan;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

 

Kasubbag. Bagian Kepegawaian dan Umum

Tugas

MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KEPEGAWAIAN DAN UMUM MELALUI PENYIAPAN BAHAN URUSAN KEPEGAWAIAN, KETATAUSAHAAN, ASET SERTA URUSAN RUMAH TANGGA DAN PERJALANAN DINAS BERDASARKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU AGAR TERCIPTA PENATAAN PERSONALIA YANG KOMPETEN SESUAI PERKEMBANGAN DEMI TERWUJUDNYA PENGELOLAAN ADMINISTRASI YANG TEPAT DAN AKURAT.

  • Merencanakan kegiatan Sub Bagian Kepegawaian dan Umum berdasarkan langkah-langkah operasional kesekretariatan dan hasil evaluasi tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  • Membagi tugas, memberi petunjuk dan memeriksa hasil kerja bawahan agar tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  • Melaksanakan kegiatan dengan menghimpun data, baham referensi dan isu-isu strategis dalam melaksanakan tugas urusan umum dan kepegawaian untuk membuat kerangka acuan dan petunjuk teknis;
  • Mengontrol pengumpulan dan pelaporan data dalam rangka penyusunan DUK, pengusulan Karpeg, Karis/Karsu, Askes, Taspen dan Bapertarum agar tersedia data usulan yang valid;
  • Menyusun dan atau mengoreksi bahan usul kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala pegawai sesuai periode yang ditetapkan agar tepat waktu;
  • Mempersiapkan administrasi pelaksanaan sumpah dan pelantikan jabatan struktural, usul pengangkatan dalam jabatan struktural, pensiun, cuti dan model C pegawai serta penetapan angka kredit pejabat fungsional dan SKP agar tercipta tertib administrasi kepegawaian;
  • Mengontrol dan merekapitulasi daftar hadir pegawai sesuai data absensi harian agar tersedia data bagi pembinaan disiplin pegawai;
  • Melakukan penyusunan dan pengusulan kebutuhan diklat pegawai baik diklat struktural, teknis maupun fungsional agar pengusulan tepat wwaktu dan dijadikan sebagai data masukan kebutuhan diklat lebih lanjut;
  • Melaksanakan kegiatan pengelolaan naskah dinas yang masuk dan keluar agar terarah dan terkendali;
  • Melaksanakan dan mengecek kegiatan pengelolaan arsip baik arsip aktif, in aktif maupun arsip statis agar mudah dan ceppat ditemukan apabila dibutuhkan;
  • Melaksanakan pengelolaan dan layanan perpustakaan sesuai ketentuan untuk pemenuhan kebutuhan PNS dan pihak terkait terhadap bahan pustaka Badan;
  • Melaksanakan kegiatan urusan rumah tangga dalam menata maupun membersihkan ruangan agar terasa nyaman dan sehat dalam melaksanakan tugas;
  • Merencanaan dan melaksanakan pengelolaan aset SKPD,aset bergerak maupun tidak bergerak untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Mengontrol dan melaksanakan kegiatan pengamanan kantor pada jam dinas maupun diluar jam dinas agar terjamin keamanan sarana dan prasarana gedung/kantor;
  • Memberikan layanan Humas kepada Instansi/pihak terkait secara transparan dan akurat untuk mendukung pelaksanaan tugas;
  • Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kepegawaian dan umum berdasarkan rencana kerja sbagai bahan pertanggungjawaban dan masukan bagi atasan;
  • Melakukan konsultasi pelaksanaan kegiatan dengan unit/instansi atau lembaga terkait untuk mendapatkan masukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Membimbing bawahan dalam menegakkan disiplin sesuai ketentuan yang berlaku agar terciptanya PNS yang handal, profesional, beretika dan bermoral;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.